Logo WhatsApp
diposkan pada : 06-08-2023 11:05:15

MENJAGA EKOSISTEM DAN KUALITAS SUMBER DAYA AIR

 

Beberapa waktu lalu, warga sekitar Danau Sunter dikejutkan oleh temuan ikan yang banyak mati dan mengambang di permukaan danau. Segera merespons situasi tersebut, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (SUDIN KPKP), bersama Unit Pelayanan Teknis Pusat Produksi, Inspeksi, dan Sertifikasi Hasil Perikanan (UPT PPISHP) serta jajaran Kelurahan Sunter Jaya, melakukan investigasi guna mencari penyebab kematian ikan massal di Danau Sunter. Pengecekan kualitas air danau di sisi barat telah dilakukan oleh Sudin KPKP. Hasil uji fisik kualitas air menunjukkan kondisi yang masih baik, namun untuk memastikan kualitas kimia air, pihak UPT PPISHP akan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Peristiwa tercemarnya air di danau menimbulkan kekhawatiran adanya zat kimia yang mungkin menjadi penyebab banyaknya ikan mati dan mengambang di permukaan. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat berbagai aturan untuk mencegah pembuangan limbah yang tidak tepat, demi menjaga kualitas lingkungan. Kontribusi masyarakat dalam menjaga ekosistem juga sangat penting, karena upaya pemerintah dan pelaku usaha akan sia-sia jika masyarakat tidak turut peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berusaha membangun fasilitas pengolahan limbah domestik sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas lingkungan. Meskipun upaya ini belum merata di seluruh wilayah DKI, namun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga ekosistem sangatlah penting. Jika ekosistem terus terjaga, manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh warga, tidak hanya dari segi sumber daya alam, tetapi juga dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

Salah satu dampak dari tercemarnya air adalah buruknya kualitas air yang digunakan untuk keperluan mandi dan konsumsi. Air yang tercemar juga berpotensi menimbulkan berbagai penyakit bagi manusia. Oleh karena itu, menjaga kelestarian ekosistem lingkungan menjadi krusial, dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

Mari bersama-sama menjaga dan melestarikan ekosistem lingkungan agar tetap nyaman dan bersih untuk kita dan generasi mendatang. Keberlanjutan lingkungan merupakan tugas bersama, di mana partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan.

 

Distributor Resun Lp 60 Free Ongkir Depok

Posting by Admin

Distributor Resun Lp 60 Free Ongkir Depok

Deskripsi Resun Lp 60 Pompa Udara Aerator Low Noise Deskripsi Pompa Udara/Air Pump Resun LP-60 Barang Ready Stock Lets Shop ! Fitur: ~ Karet diaphragma dan katup tahan benturan memastikan usia pakai yang panjang ~ Struktur unik dengan pembuangan panas yang baik dan bersuara rendah ~ Dipakai secara luas di peternakan ikan



571 Kali